Islam datang
ke Alam Melayu atau Nusantara abad ke 16 dibawa oleh ulama, pendakwah Islam dengan metode Islamisasi tanpa paksaan.
Mereka kemudian menyatu dengan pribumi.
Pendekatan yang dikembangkan cenderung kepada ajaran-ajaran sufistik dan
kultural. Ajaran-ajaran tauhid, akhlak, masuk melalui jalur metafisika tasawuf.
Jalur ini terbukti efektif untuk penduduk kepulauan Nusantara.
Tradisi dan
kebudayaan berbau mitologis peninggalan anismisme-dinanisme dan hindu-budha
tergeser secara mendasar oleh intelektualisme tasawwuf. Ajaran-ajaran
metafisika sufi seperti konsep-konsep Tuhan, wujud, eksistensi, waktu, agama,
dan konsep manusia mengantar penduduk pribumi kepada pembaharuan pola pemikiran
dan pandangan hidup.
Selain itu,
kepercayaan animisme-dinamisme lokal yang menonjolkan mitos dan kecenderuman pada
kesaktian. Maka, ketika para pendakwah Islam dan walisongo memiliki kelebihan
di luar kebiasaan (khariq al-‘adah) semakin mudah diterima pribumi. Dari jalur
ini kemudian mitologi hindu-budha di-islamkan.
Ada
kecenderungan, para sufi yang berprofesi dagang bererak lebih aktif dan
memiliki rencana matang untuk pergi negeri-negeri Timur. Kaum Sufi dari Timur
Tengah pada abad ke-12 yang berlayar ke Timur dikenal memiliki kelebihan
pengetahuan tentang agama, bahasa, adat-istiadat dan sistem politik
negeri-negeri Timur meliputi India dan Asia Tenggara.
Jadi, mereka
datang berbekalkan pengetahuan yang matang
tentang dunia Timur. Pengetahuan sosiolois dan antroplois dipelajari secara mendalam
sebelum pergi ke Timur. Khususnya kemampuan berbahasa Melayu.
Ada
kemungkinan, mereka terlebih dahulu melakukan kajian secara serius. Terutama aspek bahasa yang
mereka gunakan dalam pendekatan dakwah Islam. Bahasa Melayu saat itu merupakan
bahasa yang belum tersentuh oleh pandangan hidup dan konsep-konsep hindu-budha.
Bahasa ini dianggap murni. Serta, tidak banyak digunakan oleh penduduk
Nusantara.
Berbekal
pengetahuan tentang adat-istiadat dan bahasa Melayu, pendakwah Islam dengan
mudah mendirikan lembaga-lembaga pembinaan. Dengan jalur metafisika sufi,
adat-istiadat diislamkan. Bahasa Melayu pun identik dengan istilah-istilah
Arab-Islam, sehingga akhirnya menjadi lingua franca di bumi Nusantara.
Prof. Syed
Muhammad Naquib al-Attas mengatakan:“Abad-abad ke-enam belas dan ke-tujuh belas
suasana kesuburan dalam penulisan sastera falsafah, metafizika dan teologi
rasional yang tiada terdapat tolak bandinganya di mana-mana dan di zaman apa
pun di Asia Tenggara. Penterjemahan al-Qur’an yang pertama dalam bahasa Melayu
telah diselenggarakan beserta syarahannya yang berdasarkan al-Baydawi; dan
terjemahan-terjemahan lain serta syarahan-syarahan dan karya-karya asli dalam
bidang falsafah, tasawuf dan ilmu kalam semuanya telah diselenggarakan pada
zaman ini juga”( Syed Muhammad Naquib al-Attas, Islam dalam Sejarah dan
Kebudayaan Melayu, hal.45).
Sunan Bonang
menulis kitab tasawwuf berjudul Suluk Wijil. Ia juga mendirikan semacam
padepokan, yang kelak disebuk pesantren mendidik santri-santrinya dengan keterampilan
hidup. Di situ, Sunan Bonang berhasil mengislamkan banyak bangsawan Hindu yang
berasal dari Majapahit (Abdul Hadi WM,Islam, Cakrawal Estetik dan Budaya,
hal. 291).
Para sufi, penyebar agama Islam sangat aktif melakukan
‘training’ kepada pribumi. Melatih keterampilan pertanian, perdaganan dan
sebagainya. Seorang pengembara dari Portugis bernama Tome Pires menceritakan
pengalamannya pada saat berkunjung ke Jawa dan Sumatera pada abad ke-16, “Para
kaum sufi itu sangat aktif menjalankan organisasi dagang dan mengajarkan ilmu
pertukangan atau seni kerajinan kepada pengikut-pengikutnya. Kerana itu tidak menghairankan
apabila pengaruh Islam begitu kuat pada perkembangan seni ukir, batik,
kaligrafi, musik dan sastera di pesisir tanah Jawa.
HAMZAH FANSURI
Hamzah
Fansuri, asal Aceh, seorang ahli tasawuf dan filsafat Islam disebut sebagai
orang yang pertama yang menggunakan bahasa Melayu dengan secara rasional dan
sitematis-filosofis. Ia pernah melakukan perjalanan intelektual dari Asia
Tenggara, India hingga Timur Tengah. Hamzah Fansuri sendiri tarikat tasawufnya mengikuti tarikat Qadiriyah, tarikat
yang didirikan oleh Syekh Abdul Qadir
al-Jailani.
Di Aceh juga
terdapat ulama hebat, Nuruddin al-Raniri, ulama berasal dari Gujarat datang ke
Aceh untuk melakukan islamisasi. Ia seorang sufi yang memiliki darah keturunan
Ali bin Abi Thalib dari jalur Hasan. Dari segi ilmu tasawuf, al-Raniri memiliki
dua jalur sanad tariqah. Pertama Sayyid Umar Al-Idrus, pemimpin tarikat Ba’alawi di India pada zamannya. Kedua, dia
memiliki sanad Tarikat Rifaiyyah dan Qodiriyyah. Dia juga pernah belajar di
Hadramaut, pusat dan tempat lahir tariqah Ba’alawi. Tarikat inilah yang banyak
mempengaruhi pemikiran Nuruddin al-Raniri.
Setelah masa
kolonialisme, tarikat Ba’alawi berkembang pesat di Indonesia dan Malaysia. Tarikat
yang diantuk komunitas habaib/sayyid
serta para pengikutnya ini membentuk komunitas-komunitas membaca zikir, kajian
kitab dan lembaga-lembaga pendidikan suluk. Karakternya yang mengedepankan
adab, dan tidak terlalu kaku dalam pengamalan tarikat (tanpa kewajiban baiat)
menjadikan tarikat ini berkembang pesat
diikuti setiap lapisan masyarakat pedesaan dan perkotaan.
Ajaran dan
amaliyahnya yang merupakan perpaduan antara tasawuf imam al-Ghazali dan tarikat
Syadziliyah dikemas dalam bentuk
pengamalan yang mudah bagi kalangan umum umat Islam. Tarikat ini menjauhi hal-hal rumit yang bisa
membingungkan Muslim awam.
Dengan
pendekatan ini, Islam lebih mudah dikenal dan disebarkan kepada penduduk
pribumi Nusantara. Jalur metafisika sufi, terbukti lebih mudah ‘menembus’ benak
penduduk Nusantara. Jadi, tasawwuf berhasil mengubah pandangan alam pribumi
Nusantara. Dari mitologs diubah menjadi rasionalis. Dari animistis digeser
menjadi Islamis.
Game Online Terbaik
ReplyDelete-24 Jam Layanan Terbaik
-Proses Cepat Pasti Nyaman
-Real Player Vs Player No Robot
mcb poker
mcbpoker blackjack
mcbpoker super10
mcbpoker omaha
mcbpoker ceme
mcbpoker ceme keliling
mcbpoker capsa
mcbpoker domino
mcbpoker Bandar Poker IDN
mcbpoker poker
slot judi terpercaya
ReplyDeleteslot terpercaya
slot togel
togel slot
slot online